Kenyal Gurih Si ‘Macan’ Laut

Jakarta – Jenis seafood yang satu ini meski awalnya kurang populer namun kini makin banyak digemari. Daging mungil yang tersimpan dalam cangkang keras bermotif loreng-loreng seperti macan ini ternyata menyimpan citarasa yang unik lezat. Hmm… penasaran?

Keong di Indonesia memang belum sepopuler di Eropa. Dimana keong atau escargot sudah menjadi salah-satu makanan mewah di restoran-restoran besar disana. Salah satu masakan berbahan keong khas Jawa Timur yang cukup dikenal dalah kol nenek. Dimana hidangan ini menggunakan keong yang bisa terdapat di pinggir-pinggir pematang sawah.

Berbeda dengan keong pada umumnya yang banyak ditemukan di pematang sawah atau bebatuan, nah keong macan ini merupakan hewan laut. Yang unik adalah motifnya yang loreng-loreng seperti macan sehingga membuatnya disebut sebagai ‘keong macan’. Bentuknya yang tidak terlalu besar membuat para nelayan bisanya menanggapnya dengan menggunakan jaring yang rapat. Selama musim hujan biasanya keong macan paling banyak diburu dibanding dengan musim kemarau saat jumlahnya lebih sedikit.

Keong macan seringkali diolah dengan dua versi pertama tanpa cangkang alias diambil dagingnya saja dan dengan menggunakan cangkangnya. Di berbagai restoran seafood kini keong macan sudah mulai banyak dijumpai dan diolah menjadi berbagai masakan lezat.

Yang istimewa dari keong ini adalah rasa daging yang tersimpan dibalik kerasnya cangkang. Rasanya mirip-mirip karet sedikit kenyal empuk dengan rasa gurih yang berpadu dengan bumbu yang lezat. Cara menikmatinya pun cukup unik selain bisa dikorek dengan garpu atau dengan cara menyedot keluar dagingnya dengan menggunakan mulut. Slurpp… hmm teknik menikmatinya seperti ini ternyata juga memberi kepuasan tersendiri.

Biasanya keong macan diracik dengan berbagai bumbu seperti saos padang, asam manis, atau bumbu tauco. Apalagi harganya yang juga tak begitu mahal membuatnya makin populer saja. Jika ingin coba mencicipinya sajian ini banyak dijumpai di berbagai restoran seafood. Nah, tertarik mencoba ‘macan’ laut ini?

-Sumber-

https://food.detik.com/all-you-can-eat/d-1311471/kenyal-gurih-si-macan-laut

Spread the love

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comodo SSL
WhatsApp chat WhatsApp us