Ini Udang Ronggeng, Makanan Jambi yang Unik

DILIHAT sekilas, penampilan makanan berbahan dasar udang yang satu ini cukup menarik. Ya, udang ronggeng, adalah udang yang digunakan untuk membuat masakan khas Jambi.

Udang berukuran cukup besar ini memiliki bentuk yang menarik karena bentuk kulit cangkangnya berbuku-buku atau bergaris. Ukurannya juga menarik perhatian karena cukup besar. Udang ini biasa diolah menjadi masakan khas oleh masyarakat Jambi.

Edi Erizon, masyarakat Jambi yang ditemui Okezone di Jakarta mengatakan udang ronggeng di Jambi dikenal sengan sebutan udang pacet dan biasa dimasak dengan berbagai bumbu. “Di sana udang pacet namanya tapi orang lebih kenal udang ronggeng solalnya bentuknya yang berurai seperti baju Nyi Ronggeng,” kata Edi sambil sedikit tertawa.

[Baca Juga: Menggoda Selera Bubur Ikan Khas Kota Garis Khatulistiwa]

Udang ini biasa diolah sebagai menu makan teman santap nasi. Bumbu yang digunakan juga beragam dan disesuaikan dengan selera masing-masing. “Sering dimasak sambal asam pedas, digoreng garing juga enak. Tapi tradisionalnya dimasak sambal asam pedas,” lanjut Edi.

Karena harganya yang tinggi dan ketersediaan yang terbatas, udang ronggeng jarang tersaji di rumah masyarakat, masakan ini biasanya hadir pada hari besar atau perayaan upacara adat. “Kalau lebaran biasanya ada, hari biasa jarang dan susah ditemui,” pungkas Edi.

(ndr)

Spread the love

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comodo SSL
WhatsApp chat WhatsApp us