10 Manfaat Ikan Kembung bagi Kesehatan Manusia

Berbagai resep makanan yang menggunakan bahan dari ikan kembung sangat populer di Indonesia. Selain rasanya gurih dan enak, terkandung berbagai manfaat ikan kembung bagi kesehatan manusia. 

 

Ikan kembung mengandung sumber gizi yang penting buat tubuh, yaitu mineral dan vitamin. Vitamin yang terdapat pada ikan bernama latin Rastrelliger Kanagurta ini adalah vitamin B kompleks, vitamin A,D, dan E.

 

Selain itu, kembung kaya akan asam lemak omega-3 dan omega 6 yang penting untuk menjaga fungsi normal organ tubuh manusia. Kedua asam omega tersebut tidak bisa diproduksi dalam tubuh manusia, hanya bisa diperoleh melalui sumber makanan, terutama dari ikan. 

 

Dalam setiap 100 gram ikan kembung segar terkandung nutrisi: 

  • Fosfor: 200 mg

  • Vitamin A: 30 SI

  • Vitamin B1: 0,05 mg

  • Kalori: 103 kal

  • Protein: 22 g

  • Kalsium: 20 mg

  • Lemak: 1 g

  • Besi: 1 mg

  • VRS (Volatile Reducing Substance): 54 mg

Ragam manfaat ikan kembung bagi kesehatan manusia adalah: 

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan 
    Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan kembung dapat membantu menurunkan berat badan manusia. Berdasarkan penelitian, mengasup ikan kembung dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika dikombinasikan dengan berolahraga secara teratur, sering memakan ikan kembung dapat menurunkan lemak dalam perut secara signifikan, juga membantu mengurangi gula darah bagi orang yang memiliki bobot tubuh berlebih.

  2. Mendukung Kekebalan Tubuh
    Ikan Kembung sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani proses perawatan medis dan yang baru sembuh dari sakit. Kandungan anti inflamasi dalam asam lemak omega 3 pada ikan dapat mendukung membentengi sistem kekebalan tubuh manusia. Karena imun bertambah, semakin kuat kapasitas tubuh untuk melawan serangan penyakit. 
     

  3. Kadar omega 3 dalam ikan kembung mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia.
     

  4. Mencegah Terjadinya Hipertensi
    Sering mengkonsumsi ikan kembung dapat membantu jaga tekanan darah manusia tetap stabil sehingga mencegah terjadinya hipertensi. Tingkat Kalium yang tinggi dalam ikan kembung membantu tekanan darah menjadi normal, juga dapat menurunkan risiko sakit akibat kondisi tubuh kekurangan kalium.

  5. Kurangi Risiko Diabetes
    Asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang terdapat pada ikan kembung memberikan manfaat bagi manusia kurangi risiko terkena diabetes. Mengasup ikan kembung secara teratur dapat mengatur kadar gula dan mengurangi lemak visceral dalam tubuh.

  6. Cegah Penyakit Jantung
    Manfaat ikan kembung lainnya adalah mencegah risiko terkena penyakit jantung. Terdapat kandungan rendah lemak jenuh pada ikan kembung. Dengan memakan ikan ini dapat bantu turunkan risiko komplikasi jantung.
     

  7. Asam lemak esensial yang ada dalam ikan kembung bantu meminimalkan risiko terkena kanker payudara.
     

  8. Antidepresan
    Dalam satu penelitian ditemukan fakta ikan kembung adalah antidepresan. Orang yang gemar mengkonsumsi lemak omega-3 berisiko rendah terkena gangguan depresi. Karena berlimpah kandungan Docosahexaenonic acid (DHA), ikan kembung bisa menurunkan kemungkinan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.
     

  9. Cegah Rematik
    Senyawa yang bersifat anti-inflamasi yang terkandung dalam ikan kembung membantu mencegah rematik, dan juga  mengurangi rasa sakit bagi pengidap rematik (Rheumatoid arthritis). 
     

  10. Mengkonsumsi ikan kembung bagus untuk mengontrol kadar tirigliserida tetap stabil karena mampu menghancurkan lemak-lemak trigliserida yang berlebihan atau tidak dibutuhkan oleh tubuh. 

Itulah berbagai manfaat ikan kembung bagi kesehatan manusia. Ikan kembung bisa didapatkan mudah di pasar-pasar tradisional untuk menu makanan sehari-hari Anda.

 

Spread the love

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comodo SSL
WhatsApp chat WhatsApp us